Tips Penting Untuk Membantu Anda Menciptakan Kesan Baik Pada Hari Pertama Anda Bekerja di Perusahaan
Untuk mendapatkan pekerjaan impian tidaklah mudah. Anda sudah berjuang keras untuk mendapatkan pekerjaan impian. Anda sudah menghadapi banyak penolakan dari pewawancara. Akhirnya, Anda sudah menyelesaikan wawancara di perusahaan impian Anda.
Jadi, apa rencana Anda untuk hari yang berharga ini?
Kita tahu bahwa sebagian besar dari Anda mencari tahu apa yang akan dikenakan dan bagaimana membuat bos dan kolega terkesan. Benar? Anda sadar bahwa kesan pertama sangat penting untuk tampil menonjol di hari pertama bekerja. Sekarang apa selanjutnya?
Apakah Anda siap untuk pekerjaan baru Anda?
Anda bersemangat untuk hari ini. Mungkin, Anda akan stres dan agak gugup, ini mungkin menakutkan seperti hari pertama sekolah atau kuliah. Namun tahukah Anda bahwa perasaan tegang serta bersemangat itu normal.
Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda membuktikan keterampilan Anda di tempat kerja serta menjadikan diri Anda produktif pada hari pertama, yakni:
Persiapkan dokumen Anda
Di hari pertama Anda mungkin dihabiskan untuk menyelesaikan semua formalitas, mengisi formulir, pelantikan, mengirimkan dokumen, dan sebagainya. Jadi, akan lebih baik dari departemen sumber daya manusia untuk meminta terlebih dahulu semua dokumen yang diperlukan yang harus Anda serahkan. Sesudah Anda mendapatkan daftar, simpan saja di folder dokumen untuk menghindari kerepotan di saat-saat terakhir.
Mempelajari mengenai pimpinan baru Anda
Sebelum menghadiri wawancara, Anda sudah banyak mencari tahu mengenai perusahaan Anda. Namun pembelajaran Anda tak harus berakhir di sini. Anda harus berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasi mengenai perusahaan Anda. Baca saja brosurnya atau periksa halaman perusahaan LinkedIn atau Facebook dan lainnya.
Berpakaianlah dengan tepat
Tak diragukan lagi, seseorang selalu dinilai dari pakaiannya. Sehingga, pendatang baru harus memilih pakaiannya dengan hati-hati. Anda harus mencoba memahami pakaian apa yang cocok untuk industri Anda. Alangkah baiknya, bila Anda mengetahui kode berpakaian dan kebijakan SDM. Bila perusahaan Anda mempunyai kode berpakaian, Anda harus mengikutinya.
Hadir tepat waktu
Pada hari pertama, Anda harus tiba di kantor tepat waktu, tidak terlalu cepat atau terlambat. Tinggalkan tempat Anda lebih awal sebab Anda tidak tahu rute atau kekacauan lalu lintas. Ada banyak orang di seluruh dunia yang datang terlambat ke kantor. Alasan utamanya yaitu mereka tak menyadari dampak ketepatan waktu. Bila Anda tiba di tempat kerja tepat waktu, Anda bisa memperoleh perhatian dan rasa hormat dari senior Anda.
Mendengarkan baik-baik
Selama minggu-minggu pertama, Anda mesti menjadi pendengar yang baik. Keterampilan mendengarkan yang baik akan membuat Anda memahami hal-hal secara cepat dan menghindari kesalahan. Ini merupakan waktu disaat Anda bisa menyerap informasi sebanyak yang Anda bisa. Namun, banyak pertanyaan akan menghantui pikiran Anda. Namun Anda harus memilihnya dengan bijak dan meminta dari orang lain dengan penuh keyakinan.
Membawa pena dan kertas
Dengan serius, ini penting, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan alat tulis seperti pulpen dan notepad dari pimpinan baru Anda. Namun sebaiknya persiapkan diri Anda dengan alat tulis sendiri. Anda bisa mencatat semua poin penting dengan cepat yang dibagikan oleh orang lain. Jangan lupa untuk meninjau semua catatan di penghujung hari.
Selalu berpikir positif
Menjadi karyawan baru, mungkin saja Anda harus menghadapi banyak tantangan selama minggu pertama bergabung. Namun jangan kecewa ketika ini, kita semua tahu bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini sebab dunia yang tidak mungkin itu sendiri mengatakan Saya mungkin. Sehingga, teruslah berusaha dan Anda pasti akan mengatasi situasi ini.
Bekerja secara proaktif
Banyak perusahaan memberikan proyek kecil kepada karyawan baru mereka sehingga mereka bisa dengan mudah menanganinya. Jadi, bila Anda sudah menyelesaikan pekerjaan Anda tepat waktu dan mempunyai waktu ekstra, maka Anda bisa meminta beberapa pekerjaan dari atasan Anda. Ini akan membantu Anda menciptakan citra yang baik di perusahaan.
Selalu bersosialisasi
Di tempat kerja Anda, kolega Anda akan mengundang Anda makan siang atau minum kopi. Jadi, Anda harus bergabung dengan mereka, kita tidak akan menyarankan Anda untuk menghambat pekerjaan Anda. Namun Anda harus mencoba mencari teman baru dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
Jauhi politik kantor
Urus saja urusanmu. Ya, benar sekali, ketika Anda bergabung dengan sebuah perusahaan, Anda hanya mengenal senior serta rekan kerja Anda, namun tidak banyak. Waktu berubah ketika gosip kantor dimulai. Beberapa orang akan membagikan perasaan pribadi mereka mengeni perusahaan dan memperhatikan kesan Anda. Jaga diri Anda netral dalam kasus ini.
Bila ada sesuatu yang mengganggu Anda, maka akan sangat baik untuk menanyakannya kepada senior atau departemen sumber daya manusia Anda. Contohnya, bila Anda mau tahu mengenai gaji Anda, maka langsung ke orang yang bersangkutan agar memahami pembagian gaji Anda, struktur gaji serta komponennya.